sponsor blogku

Senin, 03 Mei 2010

serangan jantung dan stroke

Seringkali kita mendengar istilah serangan jantung dan stroke,yang kita tahu kedua jenis penyakit tersebut sangat berbahaya,serangan jantung adalah kondisi dimana kerja jantung terhenti akibat peredaran darah yang menuju otot jantung terganggu, sehingga otot jantung tidak menerima pasokan oksigen dan zat-zat makanan. sedangkan Stroke sendiri yaitu terganggunya fungsi otak yang diakibatkan oleh terganggunya peredaran darah keotak.
Jadi, penyebab serangan jantung dan stroke adalah sama yaitu terganggunya peredaran darah atau sering disebut dengan istilah penyakit vaskular ateroskletorik.

Akibat serangan jantung dan setroke
jantung berfungsi untuk memompa darah dan mengatur peredaran darah kesuluruh tubuh,  darah tersebut merupakan pengangkut oksigen dan bahan-bahan lain yang diperlukan dalam proses biokimiawi yang terjadi di dalam tubuh untuk  mempertahankan aktivitas sel-sel tubuh.dengan demikian, terhentinya kerja jantung akan mengakibatkan terhentinya aktivitas sel-sel tubuh.yang akhirnya dapat mengakibatkan kematian.
banyak aktivitas tubuh yang bekerja dibawah kendali otak,misalnya kontrol kesadaran, gerakan dan panca indera serta pengaturan rasa sakit dan fungsi pernafasan.
terganggunya fungsi otak (akibat stroke) dapat menimbulkan berbagai gangguan pada tubuh, tergantung pada bagian otak mana yang rusak, seseorang yang terkena stroke dapat mengalami gangguan seperti hilangnya kesadaran, kelumpuhan, tidak berfungsinya panca indera atau terhentinya pernafasan, akibat stroke bisa bersifat ringan tapi dapat pula bersipat  fatal.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

click here