sponsor blogku

Minggu, 09 Mei 2010

Cara Aman Dari Kesetrum Arus Listrik

listrik merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan kita, karena untuk jaman sekarang semua peralatan baik rumah tangga, kantor maupun industri atau fasilitas-fasilitas umum hampir semuanya menggunakan listrik.
dibalik berbagai macam manfaat, listrik menyimpan bahaya yang bisa membuat cacat bahkan bisa merenggut nyawa manusia kalau tidak hati-hati.
berikut ini ada beberapa tips untuk menghindari tersetrum arus listrik:
1. bila kita akan memperbaiki peralatan yang menggunakan arus listrik, sebaiknya kita memutuskan aliran listriknya dengan cara mencabut stecker (colokan) dari stop kontak, karena memperbaiki dengan keadaan alat masih di aliri listrik, resiko untuk tersetrum akan slalu ada bila kita tidak hati-hati.
2. bila kita akan memperbaiki instalasi listrik di rumah, sebaiknya matikan mcb ataupun sekering utamanya. dengan begitu tidak ada arus listrik yang mengalir di instalasi rumah kita, dan kita bisa melakukan perbaikan dengan tenang.
3. bila tidak memungkinkan untuk mematikan semua aliran litrik, ketika akan memperbaiki instalasi listrik, pakailah alas kaki yang kering dan terbuat dari karet, seperti sepatu atau sandal.
4. jangan menyentuh kabel fasa (setrum) dan netral (massa) secara bersamaan. 
5. gunakan tester atau testpen untuk memastikan ada atau tidaknya arus listrik yang mengalir ditempat yang akan kita perbaiki.
6. jangan memperbaiki peralatan ataupun instalasi listrik bila kita tidak mengetahui ilmunya.

pokoknya kalau ingin tidak tersetrum, jangan maen-maen dengan listrik deh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

click here