sponsor blogku

Selasa, 25 Mei 2010

Memori Eksternal mikrokontroler AT89C51

Selain PEROM dan internal RAM yang terdapat pada mikrokontroler AT89C51, DT51 juga mempunyai memori eksternal berjenis EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory). Sesuai dengan namanya maka EEPROM dapat ditulis dan dihapus secara elektrik, mirip seperti RAM namun bersifat non volatile sehingga data yang tersimpan dalam EEPROM tidak hilang meskipun catu daya dimatikan. AT28C64B adalah suatu memori eksternal seperti yang digunakan sebagai tambahan dalam menyimpan program dan data. Pada pengaksesannya baik dalam menulis dan membaca, memori ini tidak membutuhkan komponen luar. Didalamnya terdiri dari suatu halaman register 64 byte untuk penulisan. Memori AT28C64B memiliki 28 pin yang terdiri dari 13 pin pengalamatan, 8 pin I/O data dan 3 pin inisialisasi, serta 2 pin untuk Vcc dan ground, sedangkan 2 pin lainnya tidak dihubungkan.

           
Electrically-Erasable and Programmable Read Only
Memory (EEPROM) AT28C64B.
Untuk penggunaan memori ini seperti telah disinggung diatas, dilakukan dari mikrokontroler. Sebagai memori program, pengaturan dilakukan dari mikrokontroler pada pin ALE, pin dan pin . Pin ALE sebagai pengunci alamat, pin berfungsi untuk menentukan pengambilan instruksi. Jika disambung pada Vcc, maka mikrokontroler mengambil instruksi dari memori internal, dan bila tersambung pada ground maka pengambilan instruksi dari memori eksternal.

6 komentar:

  1. nice posting nih….sorry baru sempat berkunjung balik….sibuk sekali.

    salam

    http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/05/26/jika-lukisan-digoreng-maka-harganya-akan-mahal/

    BalasHapus
  2. bosss....ngk ngerti euy....
    tapi kok meory externalnya EPROM sih dah lama donk boss

    BalasHapus
  3. thomas..salam kembali, trimakasih kunjunganya.
    kang fajar..sama ama saya dong..hehe, karena yang dulu saya pernah belajar nya cuma pke EEprom..ada versi baru ya kang..

    BalasHapus
  4. Ada yang binggung mikrokontroller? jangan khawatir. Sekarang ada basic compiler. Dengan bascom, memrogram mikrokontroler jadi mudah. kunjungi blog saya http://iswanto.staff.umy.ac.id/2011/02/15/menggunakan-bascom-8051/

    BalasHapus
  5. Ada yang binggung mikrokontroller? jangan khawatir. Sekarang ada basic compiler. Dengan bascom, memrogram mikrokontroler jadi mudah. kunjungi blog saya http://iswanto.staff.umy.ac.id/2011/02/15/menggunakan-bascom-8051/

    BalasHapus

click here