sponsor blogku

Selasa, 20 Juli 2010

sudahkah kita peduli dengan alam

Sudah dua hari ini, setiap pulang kerja kehujanan terus , padahal sekarang sudah memasuki pertengahan bulan juli yang biasanya sudah memasuki musim kemarau tapi hujan masih sering turun, jemuran baju pun jarang bisa di tinggalin di luar karena hujan bisa saja turun dengan tiba-tiba, ya terpaksa jemur baju pun di dalam rumah deh.
Kalau mengingat pelajaran waktu sekolah dasar dulu, sering ada pertanyan "ada berapa musim di indonesia ?. pasti jawabanya  ada dua yaitu musim kemarau dan musim hujan", tapi sepertinya untuk saat-saat sekarang hujan sudah gak ada musimnya lagi karena bisa jadi paginya panas terik siangnya hujan turun sangat lebat.
Dahulu musim hujan biasanya terjadi antara bulan september sampai bulan maret dan musim kemarau terjadi antara bulan april sampai agustus. tapi makin kesini hujan dan musim kemarau sudah tidak bisa di prediksi lagi.kalau kata orang-orang pintar sih hal ini terjadi akibat pemanasan global atau kata orang kulon mah "global warming".
Wah ngeri juga kalau dengar kata-kata pemanasan global, bisa dibayangkan suhu diseluruh dataran bumi meningkat drastis tentunya bisa menimbulkan efek samping yang merugikan bagi penduduk bumi ini termasuk kita manusia yang mendiami daratan indonesia ini. apalagi rakyat indonesia sebagian besar rakyatnya adalah petani, dengan musim yang tidak menentu ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap  musim tanam para petani.
Mungkin sudah semestinya mulai dari sekarang kita berusaha lebih ramah dengan alam, karena kerusakan bumi kita ini dan pemanasan global pun sebenarnya adalah hasil perbuatan manusia sendiri karena semakin kita tidak perduli dengan alam tentunya akan sangat merugikan kita sendiri. semoga peringatan yang telah datang kepada kita berupa musim dan cuaca yang tak menentu bisa lebih menyadarkan kita akan pentingnya kepedulian akan lingkungan.

9 komentar:

  1. bnr skli sobat, dari alam inilah kita bisa hidup untuk mencari nafkah, tinggal dan lain2nya, sharusnya harus kita jaga alam sekitar kt ;) ty sob untuk artikelnya ....

    BalasHapus
  2. anggasone>setuju sob karena alam telah begitu banyak menyediakan apa yang kita butuhkan..terimakasih telah berkunjung

    BalasHapus
  3. Kang Sambas, di Jakarta musimnya juga nggak karuan, masak bulan Juli yang mestinya kering-kerontang-berdebu bisa ujan deras petir nyamber-nyamber hiks... Kasian petani sayur, cabe, bawang dan tembakau yang rugi karena tanemannya layu kena hujan. Salam blogger

    BalasHapus
  4. inung> lho kok sama ya..betul-betul dengan musim yang tak menentu akan membuat panen yang tak menentu juga...

    BalasHapus
  5. kalo dari data bmg, konon tahun ini gada musim kemarau.. keseimbangan alam menjadi berubah karena manusia yang mengubahnya.. moga saja gada hujan meteor lagi.. :)

    BalasHapus
  6. alkatro> wah mengerikan banget donk kalau alam sudah tidak punya keseimbangan lagi mah..mari perbaiki sikap kita terhadap alam ah

    BalasHapus
  7. saya heran kenapa di musim kemarau koq turun hujan ya?? kalo saya perhatikan, di negeri ini kalo musim kemarau panasnya minta ampun dan susah air...tapi pas musim hujan, eh malah kebanjiran


    http://bolehngeblog.blogspot.com

    BalasHapus
  8. dangsulaeman> mungkin ini juga karena kurang pedulinya manusia terhadap alam om..terimakasih telah berkunjung

    BalasHapus
  9. wah bisa makin sering terjadi bencana alam nich

    BalasHapus

click here