sponsor blogku

Rabu, 02 Juni 2010

PANCASILA ...yang terlupakan

Dengan baju putih yang sudah tak putih lagi dan celana merah yang sudah tak merah terang, juga sepatu yang sudah sobek di samping nya, dia berjalan tegap melangkah pasti penuh semangat menuju ketengah lapangan tempat diadakanya upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari senin itu,setelah  terdengar teriakan seorang murid perempuan "pembacaan teks pancasila" karena tidak ada pengeras suara jadi murid perempuan tadi harus berteriak.
Dengan langkah tegap seperti yang telah diajarkan sebelumnya oleh bapak guru, anak laki-laki itu berjalan ketengah lapang, dan berhenti sambil mengangkat map yang sudah lusuh yang berisi selembar teks PANCASILA yang ditulis dengan tulisan tangan oleh seorang gurunya.
Lalu terdengarlah teriakan anak kecil itu:
PANCASILA
1.Ketuhanan Yang Maha Esa.
2.Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab.
3.Persatuan Indonesia.
4.Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan / Perwakilan.
5.Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Yah....itulah sekelumit masa kecilku waktu itu di sekolah dasar..stttt dan anak laki-laki itu adalah ane sendiri..hehehe,
ya..pancasila ,,dasar negara kita itu sering atau mungkin telah terlupakan oleh kita semua, jangankan memahami kandunganya terkadang teksnya pun kita sudah tidak hapal.
mari kita bertanya pada diri kita "masih hapalkah dengan Pancasila?"
pasti banyak sekali yang sudah tidak hapal..termasuk saya..uh,,semoga kita bisa memahami pancasila dan lebih menghargai jasa-jasa para pahlawan.

8 komentar:

  1. termasuk saya ahahahahha , malah seringnya tanya ke anak xixixixixi.. thx kunjungannya sob, ... blognya kereeeen ...

    BalasHapus
  2. Hehe.. betul sekaleee kata kang Sambas, qta ud lupa tuuhhh ttg dasar negara... kayaknya tinggal slogan aja deh... Acara 17 Agustusan di kampung2 jga cuma berisi lomba yg nggak ada hubungannya dgn nilai 17 Agt itu sndiri... Proklamasi Kemerdekaan pun cuma dokumenter, yg nonton cuma manggut2 tapi gak paham intinya... Kenapa bisa begituuu??? Tanpa qta sadari nilai nasionalisme telah digeser... yg pnting ursan perut a.k.a. cari makan sndiri2... dan ini sdh menjangkiti bukan hanya di kalangan rakyat biasa aja... uuupppsss... komen kepanjangan... maaf yaa... okelah kalaw begituw, sukses bwt kang Sambas... lanjuuuuuuutttt....

    BalasHapus
  3. mrxwebz>wah pinteran anaknya dong..hehe
    teh oyah>betul teh..perasaan rasa dan semangat nasionalisme di negri kita udah mulai pudar...

    BalasHapus
  4. semakin kesini, nilai-nilai pancasila yang mengandung arti mendalam dan dapat menjadi pedoman hidup bagi masyarakat semakin memudar,,apakah pancasila dianggap tidak gaul dan trendi? hmm
    sayang sekali ya.
    yah walaupun aku sendiri belum memahami secara mendalam makna pancasila, namun bagiku bukan berarti itu tidak ada dalam diriku
    dan
    aku bersyukur pada sma-ku yang menanamkan dasar2 itu padaku :)

    *hehe jadi curhat deh..
    salam kenal ya

    BalasHapus
  5. restry..curhat juga ga papa,,hehe

    BalasHapus
  6. Wah iya juga. Jadi inget acara john pantau wkt anggota DPR ditanya sila ke-2 tapi jawab sila ke-5

    BalasHapus
  7. sekarang ini banyak masyarakat kita yang sudah tidak mao peduli lagi dengan Pancasila, mereka menganggap Pancasila itu hanya sebagai slogan biasa saja tetapi sebenarnya Pancasila itu merupakan dasar negara yang harus dijaga dan dilindungi..
    saya berharap masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan tetap MEMPERJUANGKAN PANCASILA..

    BalasHapus

click here